SISTEM PENDIDIKAN DI SINGAPURA

Sistem Pendidikan di Singapura
oleh : Dr, Nurudin

Kurikulum pendidikan sekolah di Singapura ternyata tidak jauh berbeda dari kurikulum pendidikan di Indonesia, persamaanya seperti mereka juga menyelenggarakan UN ( ujian nasional ) untuk syarat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Perbedaanya hanya pada sistem pendidikan di Singapura sedikit rumit, namun dari kerumitan itu Singapura menjadi Negara terbaik di ASEAN dalam bidang sistem pendidikannya. Mengapa Sistem Pendidikan Singapura menjadi yang terbaik ? karena saat Singapura merdeka pada tahun 1965, Singapura lebih memfokuskan pendidikan sebagai kunci utama dalam pertumbuhan dan perkembangan Singapura. Alhasil banyak mahasiswa international termasuk Indonesia yang menempuh pendidikan kuliah di Singapura, ini tentu bisa menjadi gambaran bagi yang berminat kuliah di luar negeri dan Singapura menjadi Negara tujuan studi.

Anak-anak di Singapura masuk ke dunia pendidikan formal mulai dari tingkat TK (Kindergarten School) kemudian lanjut ke SD (primary school) selama 6 tahun. Setelah lulus SD mereka masuk SMP-SMA (secondary school) selama 5 tahun, lalu ke tingkat persiapan menuju kuliah (centralised institute atau junior colleges) 3 tahun, baru masuk universitas (university).

–  Kindergarten ( Taman Kanak-kanak )
Bukan hanya di indonesia saja anak-anak usia dini mulai di sekolahkan, di Singapura juga sama  bagi setiap orang tua yang memiliki anak usia 4 tahun sudah di haruskan di daftarkan ke sekolah TK atau Kindergartens.

Dalam masa ini anak-anak akan menempuh pendidikan selama 3 tahun, Program pendidikan 3 tahun ini terdiri dari Nursery, Kindergarten 1 dan 2. Anak-anak akan menempuh waktu belajar selama lima hari dalam seminggu, dengan durasi belajar antara 3 sampai 4 jam per-harinya.

- Primary Education ( Sekolah Dasar )
Sama halnya dengan di indonesia, bagi anak yang sudah berusia 6 tahun sudah wajib mendaftarkan diri ke sekolah dasar atau SD. Untuk durasi masa pendidikannya pun sama dengan indonesia, yaitu siswa/siswi harus menempuh sekolah dasar selama 6 tahun.

Selama 6 tahun masa sekolahnya itu, kelas 1 sampai 4 mereka menjalani pendidikan dasar dan khusus saat kelas 5 & 6 para murid akan menghadapi masa orientasi. kemudian saat akhir masa sekolah dasar, mereka kan menjalani ujian nasional yang mereka sebut PSLE ( Primary School Leaving Examination) dan hasil akhir nilai itu akan menentukan jenjang pendidikan mereka kedepannya.

– Secondary Education ( SMP + SMA )
Saat memasuki tahap ini terbagi 3 kelas di jenjang secondary school, antara lain:  Express, Normal Academic dan Normal Technical.
         Kelas Express diperuntukan bagi siswa yang pintar, khusus bagi anak-anak kelas Express mereka bisa menyelesaikan secondary school selama 4 tahun dengan syarat mereka harus lulus dalam ujian ”O” Level Test Singapura.
         Kelas Normal Academic, sebelum mereka masuk ke kelas 5, pada tahun ke-4 harus melewati ujian nasional ”N” level tes sebagai syarat untuk naik kelas. Setelah mereka melewati kelas 5, ada ujian nasional lagi yang namanya ”O” Level Test.
         Kelas Normal Technical, jika di indonesia kelas ini bisa disamakan dengan SMK. Jadi, setelah mereka lulus secondary school, mereka bisa melanjutkan pendidikan kembali ke jenjang Institute of Technical Education selama dua tahun, atau sekolah lanjutan untuk mereka yang mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Polytechnic (untuk mendapatkan diploma), langsung kerja.

”O” Level Test adalah kependekan dari Ordinary Level Test, ”O” Level Test itu nama UN untuk secondary school.mHal lainnya yang perlu diketahui bahwa di singapura ujian nasional tidak di jadikan sebagai patokan kelulusan siswa, tapi meskipun seperti itu para siswa juga harus mendapatkan hasil yang baik.

Tujuan Kurikulum yang berbeda tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar dan juga minat dari para siswa guna mendapatkan skill yang bisa di gunakan pada saat masuk ke dunia kerja.
Di masa akhir program pendidikan yaitu tahun ke lima para siswa kembali harus menjalani ujian nasional, baik itu GCE ‘O’ Levels (untuk Special/Express courses) ataupun GCE ‘N’ Levels (untuk Normal/ Technical course,bagi siswa yang mendapatkan nilai yang baik pada ujian GCE ‘N’ Levels mereka bisa melanjutkan ke tahun kelima untuk mengambil ujian GCE ‘O’ Levels).

– Pre-University Education ( Pendidikan Pra-Universitas )
Kemudian lanjut ke pendidikan pra-universitas dalam waktu 2 tahun, tujuan adanya program ini adalah untuk mempersiapkan para siswa untuk menempuh ujian GCE ‘A’ Levels. Tergantung dari jurusan yang mereka tempuh dan nilai akhir, para siswa yang lulus bisa melanjutkan pendidikan mereka ke level Universitas di Universitas Lokal Singapura. karena memang program ini hanya di peruntukan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu dari tiga Universitas lokal di Singapura (NTU, NUS dan SMU)

– Polytechnics (Politeknik)
Sama halnya dengan SMK jika di indonesia, dimana pendidikan ini dirancang untuk membuat siswa agar mampu langsung bekerja setelah lulus. Di singapura program ini di bentuk dengan tujuan melatih para profesional level menengah untuk mendukung dan membantu perekonomian dan kemajuan teknology di singapura.para siswa di ajarkan dengan kebutuhan dan minat yang ia minati untuk nantinya dijadikan sebagai profesi.

Total ada lima politeknik di Singapura saat ini, semuanya menawarkan program diploma lokal dengan berbagai jurusan seperti engineering, business studies, info-communications dan mass communications.

Sekolah Teknik Mesin di Singapura
Bagi siswa yang mendapatkan nilai cukup tinggi pada tahun ketiga, mereka memiliki pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka ke tahap universitas guna mendapatkan gelar sarjana.

Singapore Universities (Universitas Singapura)
sebelum siswa menginjak masa pendidikan university, mereka wajib menghadapi GCE ‘A’ Level untuk menuju University selama 2 tahun. Setelah melewati GCE ‘A’ Level, pendidikan dilanjutkan ke jenjang terakhir, yaitu jenjang University.
Singapura memiliki enam universitas negeri yaitu National University of Singapore, Nanyang Technological University, Singapore Management University, Singapore University of Technology & Design, Singapore Institute of Technology, dan SIM University, semua sekolah tersebut menawarkan program sarjana yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Komentar

Postingan Populer